Penerapan IT Dalam Kehidupan Sehari - Hari

Tanpa kita sadari perkembangan Teknologi Informasi belakangan ini semakin cepat dan berkembang, Di negara Indonesia, pemanfaatan Teknologi Informasi cenderung meningkat dalam berbagai bidang seperti ilmu pengetahuan, bisnis, industri, perbankan, pendidikan, kesehatan, penerbangan, kriminalitas sampai dengan dunia hiburan.

Seperti penerapan Teknologi Informasi di bidang ilmu pengetahuan digunakan oleh para ahli kimia untuk membuat model-model molekul dan melihat reaksi kimia melalui simulasi dalam pencampuran masing-masing molekul.

Dalam dunia bisnis Teknologi Informasi dimanfaatkan untuk menyediakan informasi dengan cepat dan tepat, informasi ini sangat berguna baik dalam pengambilan keputusan maupun komunikasi dalam suatu bisnis. Dan untuk perdagangan secara elektronik atau dikenal sebagai E-Commerce. E-Commerce adalah perdagangan menggunakan jaringan komunikasi internet.

Kegunaan komputer di bidang industri sekarang ini telah meluas digunakan karena memungkinkan proses produksi di dalam industri lebih efisien dan lebih efektif. Dalam proses produksi komputer dapat digunakan untuk pengawasan numeric atau pengawasan proses (control proces). Pengawasan numeric (numeric control) berarti pengawasan secara otomatis terhadap posisi dan operasi mesin-mesin yang digunakan.

Dalam dunia perbankan Teknologi Informasi adalah diterapkannya transaksi perbankan lewat internet atau dikenal dengan Internet Banking. Beberapa transaksi yang dapat dilakukan melalui Internet Banking antara lain transfer uang, pengecekan saldo, pemindahbukuan, pembayaran tagihan, dan informasi rekening.

Dibidang kesehatan Teknologi Informasi digunakan pada sistem berbasis kartu cerdas (smart card) yang digunakan juru medis untuk mengetahui riwayat penyakit pasien yang datang ke rumah sakit karena dalam kartu tersebut para juru medis dapat mengetahui riwayat penyakit pasien. Digunakannya juga robot untuk membantu proses operasi pembedahan serta penggunaan komputer hasil pencitraan tiga dimensi untuk menunjukkan letak tumor dalam tubuh pasien.

Dibidang penerbangan Teknologi Informasi digunakan untuk mengatur jadwal penerbangan dan mengatur sistem pemesanan tiket. Dengan bantuan komputer, pelayanan dan pengaturan jadwal penerbangan akan lebih cepat dan tepat.

Dibidang kriminalitas Teknologi Informasi digunakan untuk menghasilkan statistic kriminalitas di suatu daerah sehingga dapat membantu pengaturan patroli yang diperlukan.

Penggunaan Teknologi Informasi di dunia hiburan memudahkan dalam penyajian informasi. Dalam dunia pertelivisian dan perfilman, komputer digunakan dalam pembuatan film-film yang memerlukan animasi khusus, misalnya film kartun maupun yang memerlukan efek-efek khusus.

Penerapan Teknologi Informasi didalam kehidupan sehari-hari dapat meningkatkan efisiensi dan efektifitas suatu pekerjaan, dan membuat masalah yang terjadi selama ini dapat dikerjakan dengan mudah dan cepat dengan hasil yang baik.(Eyang Ageng Sastranegara)


Sumber :

http://www.scribd.com/doc/8479049/Penggolongan-Dan-Penerapan-Komputeran.

http://mrstefz94.wordpress.com/2009/05/23/manfaat-teknologi-informasi-dan-komunikasi-dalam-kehidupan-sehari-hari/

http://purpl3.wordpress.com/


Nama : Yudi Prasetya

Npm : 17109283

Kelas : 5KA22

Jurusan : Sistem Informasi

0 Response to "Penerapan IT Dalam Kehidupan Sehari - Hari"

Posting Komentar