Bahasa Indonesia Dan Peranannya Dalam Pengembangan IPTEK

Sejak kecil, kita sudah mempelajari bahasa secara sendiri, tanpa ada yang mengajari. Kita bisa belajar sedikit demi sedikit. Bahasa yang dituliskan ataupun yang dilafalkan pasti memiliki makna. Melalui bahasa kita dapat menuangkan ide atau gagasan yang kita pikirkan. Bahasa merupakan dasar segala kegiatan yang kita lakukan.

Menurut sumber dari Wilkipedia, bahasa adalah alat atau perwujudan budaya yang digunakan manusia untuk saling berkomunikasi atau berhubungan, baik lewat tulisan, lisan atau kemauan kepada lawan bicaranya atau orang lain. Melalui bahasa, manusia dapat menyesuaikan diri dengan adat istiadat, tingkah laku, tata krama masyarakat, dan sekaligus mudah membaurkan dirinya dengan segala bentuk masyarakat.

Dalam Pengembangan IPTEK bahasa Indonesia juga memiliki peranan yang cukup penting, salah satu yang paling menonjol adalah pengembangan IPTEK di bidang pendidikan, Bahasa Indonesia dipakai sebagai bahasa pengantar di lembaga-lembaga pendidikan mulai dari taman kanak-kanak sampai dengan perguruan tinggi. Hanya saja untuk kepraktisan, beberapa lembaga pendidikan rendah yang anak didiknya hanya menguasai bahasa ibunya (bahasa daerah) menggunakan bahasa pengantar bahasa daerah anak didik yang bersangkutan. Hal ini dilakukan sampai kelas tiga Sekolah Dasar. Untuk memperlancar hal tesebut maka, materi pelajaran yang berbentuk media cetak hendaknya juga berbahasa Indonesia. Hal ini dapat dilakukan dengan menerjemahkan buku-buku yang berbahasa asing atau menyusunnya sendiri. Apabila hal ini dilakukan, sangatlah membantu peningkatan perkembangan bahasa Indonesia sebagai bahasa ilmu pengetahuan dan teknolologi (IPTEK). Mungkin pada saat mendatang bahasa Indonesia berkembang sebagai bahasa IPTEK yang sejajar dengan bahasa Inggris.

Salah satu contoh bidang pendidikan di Universitas Gunadarma, mahasiswa dituntut untuk mampu menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar, dalam komunikasi dan sosialisasi serta mampu membuat tugas-tugas perkuliahan dan penulisan karya ilmiah. Dalam tugas-tugas perkuliahan dan penulisan karya ilmiah biasanya dibuat dengan menggunakan Teknologi Informasi, seperti komputer dan internet. Sedikit contoh dalam penulisan ini yang ada untuk bahasa Indonesia dan peranannya dalam pengembangan IPTEK.(Eyang Ageng Sastranegara).

Sumber : http://www.kaskus.us/blog.php?bt=84815

Nama : Yudi Prasetya

Npm : 17109283

Kelas : 5KA22

Jurusan : Sistem Informasi

Dosen : Drs. Sugito Martodiwiryo

0 Response to "Bahasa Indonesia Dan Peranannya Dalam Pengembangan IPTEK"

Posting Komentar